Monday, May 16

GUS DUR ASLINYA MANUSIA BIASA


Karya : Inayah Wulandari Wahid

Gus Dur itu manusia biasa, cuman dia memilih hidup yang luar biasa

Gus Dur itu manusia biasa, tapi visinya terhadap dunia itu luar biasa Memang berjuang untuk menciptakan misinya.

Gus Dur itu kedengarannya cuman manusia biasa, cuman hatinya dipenuhi cinta yang luar biasa pada umat manusia hingga selalu mau memaafkan orang-orang yang menyakitinya.

Gus Dur itu sebenarnya manusia biasa, seorang lelaki asli tulen yang menyadari bahwa menjadi seorang laki-laki sejati itu terwujud pada penghormatannya kepada wanita

Gus Dur itu sebenarnya hanya manusia biasa yang punya kepercayaan diri yang luar biasa. Sehingga selalu menyadari dikala satu-satunya yang memegang kendali atas nasibnya sehingga tak perlu bergantung pada orang lain.

Saya benar-benar malam ini hanya ingin mengingat Gus Dur sebagai manusia biasa Manusia biasa yang pernah menunjukkan kepada kita bahwa ukuran seorang pemimpin tidak ditentukan oleh jabatan tapi oleh tindakan dan hasil yang diciptakan.

Gus Dur itu yang saya ingat cuman manusia biasa yang punya fisik terbatas yang keterbatasan penglihatannya adalah sebuah kesengajaan dari Tuhan (kalau menurut saya) untuk menyadarkan bahwa keterbatasan apapun bukan alasan untuk berhenti menciptakan mimpi Dan saya benar-benar ingin mengingat Gus Dur sebagai manusia biasa.

Manusia yang dulu yang tidak pernah lelah mengajari kita nilai-nilai kemanusiaan bahkan mampu mengajari kita mangajari falsafat hidup yang luar biasa hanya dengan mengatakan "gitu aja kok repot"

Gus Dur itu hanya manusia biasa yang menghabiskan waktu luar biasa banyaknya Mau bertemu, berdekatan dan memperhatikan orang lain bahkan orang-orang yang dianggapnya lawan.

Gus Dur itu aslinya cuman manusia biasa. Tapi dia manusia biasa yang melihat dengan cara pandang yang luar biasa sehingga yang terlihat dari seorang manusia hanyalah keutuhan mereka dan mampu menyadarkan kita bahwa tanpa segala embel-embel, kita semua sebenar-nya setara.

Gus Dur itu benar-benar manusi. Manusia biasa yang begitu mencintai istri dan anak-anaknya. Meskipun kata-kata itu tidak pernah secara langsung keluar dari mulutnya.

Dan Gus Dur manusia, Manusia biasa yang mengatakan pada kita semua bahwa semua manusia biasa punya hasil yang luar biasa seperti dirinya.

Dan apapun ingatan kita mengenai Gus Dur yang pasti saya ingin mengingatkan anda untuk terus mengingat nilai-nilai yang sudah dilakukannya Karena dengan begitu dia tidak akan pernah pergi dari kita.

Dan sebagai apapun kita semua mengingatnya Sebagai teman, sebagai guru, sebagai keluarga, sebagai kakak, sebagai ayah, Saya sangat berharap anda mengingatnya melalui doa sehingga bakal menjalaninya Diampuni segala kesalahannya Dan diterima segala amal ibadahnya ... (amiiin...)

Ila hadliroti sohibil karomah wal fadlilah syaikhina wa murobi rukhina Abdurrahman Wahid bin Wahid Hasyim al fatihah....
Diposkan Oleh: Gus Akhmad Musta'in

TERIMAKASIH KUNJUNGANNYA JANGAN LUPA KEMBALI LAGI

0 komentar

Post a Comment